Ikut Bike Friday Seperti Sandi Uno? Dokter: Pemula Jangan Paksakan Diri

Dokter ingatkan bagi pemula untuk tidak memaksakan diri saat bersepeda. Foto: Fotografer: Muhammad Fida Ul Haq Dokter ingatkan bagi pemula untuk tidak memaksakan diri saat bersepeda. Foto: Fotografer: Muhammad Fida Ul Haq

Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menjadikan hari Jumat sebagai Hari Bersepeda (Bike Friday). Hal ini langsung diterapkan Sandiaga yang tadi pagi bersepeda bersama beberapa jajarannya.

“Hari ini, kami mencanangkan Bike Fri karena komunitas-komunitas kami mulai dorong untuk setiap Jumat bersepeda. Nanti, kami tingkatkan fasilitas bersepeda dan meningkatkan awareness pengguna jalan menghormati gowesers,” kata Sandiaga seperti dikutip dari detiknews, Jumat (16/3/2018).


Bukan hanya komunitas sepeda yang menyambut baik hal ini, pasti beberapa masyarakat yang suka bersepeda senang akan ide Sandiaga ini. Namun, spesialis kedokteran olahraga, dr Michael Triangto SpKO mengingatkan bagi pemula agar tidak memaksakan diri jika mau mengikuti Bike Fri ini.

“Yang jadi masalah kalau pemula belum pernah atau baru beli sepeda, dia terlalu memaksakan diri jadinya badannya sakit-sakit, pegal. Ini karena asam laktatnya menjadi berlebihan dan tubuh tidak bisa mengeliminasinya,” ujarnya saat dihubungi PortalRemaja.

Bagi pemula yang memaksakan diri bersepeda dari rumah ke kantor dengan jarak yang cukup jauh, bisa-bisa bukan sehat yang didapat, namun justru menimbulkan beberapa masalah kesehatan seperti yang diutarakan dr Michael.

dr Michael menyarankan untuk melakukan Bike Fri ini secara bertahap serta disesuaikan dengan tingkat kemampuan diri sendiri.

“Bertahap itu berarti harus dari kemampuan saat ini. Misal dia mampunya setengah jam, ya jangan dipaksa jadi satu jam. Nanti kalau sudah satu minggu, bisa dinaikkan jadi 45 menit. Minggu berikutnya bisa satu jam,” jelas dr Michael.

The post Ikut Bike Friday Seperti Sandi Uno? Dokter: Pemula Jangan Paksakan Diri appeared first on PortalRemaja.Co.Id.



from PortalRemaja.Co.Id http://ift.tt/2FOREFl
via Pembesar Payudara

from Tips Cantik Artis http://ift.tt/2tT8Bgb

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ikut Bike Friday Seperti Sandi Uno? Dokter: Pemula Jangan Paksakan Diri"

Post a Comment