Mengenal Komponen Sepeda

Bagian-bagian penting sepeda. Sumber : Google. https://catatanroadbike.files.wordpress.com/2013/08/bike-blue-print.jpg
Komponen penting sepeda. Sumber : Google.
Kegiatan bersepeda adalah olahraga yang selain menyehatkan juga memberikan efek kesenangan. Karena dengan melakukan kegiatan bersepeda atau gowes biasanya menempuh track atau rute tertentu. Rute ini biasanaya ke tempat-tempat menarik atau obyek wisata. Selain untuk kegiatan olahraga, dalam kondisi lalu-lintas yang crowded dan cenderung macet, kegiatan bike to work atau dikenal dengan B2W sudah menjadi trend di kalangan pekerja. Tetapi kegiatan olahraga sepeda atau B2W ini tidak tidak lepas dari sepeda dan komponen-komponen sepeda.

Yang jadi permasalahan adalah ternyata komponen sepeda ini hampir semuanya menggunakan istilah asing. Ketika merakit sepeda atau mau mengganti part sepeda yang rusak menjadi kebingunan dengan istilah komponen sepeda.

Berikut ini adalah beberapa istilah komponen sepeda, baik itu sepeda balap ataupun sepeda gunung (mountain bike atau MTB). Istilah ini dihimpun dari berbagai sumber di internet. Selain dijelaskan istilah komponen sepeda, juga disertakan juga ilustrasi sepeda.
Istilah kompenen sepeda gunung (mtb). Sumber : goesbike.. http://www.goesbike.com/articles/273/1/Struktur-sepeda-dan-komponen.html
Istilah kompenen sepeda gunung (mtb). Sumber : goesbike.

Istilah kompenen sepeda gunung (mtb) full suspensi. Sumber : goesbike. http://www.goesbike.com/articles/273/1/Struktur-sepeda-dan-komponen.html
Istilah kompenen sepeda gunung (mtb) full suspensi. Sumber : goesbike.

Nama Komponen
Arti Istilah Komponen Sepeda
Handlebar
Stang sepeda
Grip
Pegangan pada stang sepeda, berbentuk seperti karet atau bahan lain dipasang di ujung sisi stang
Headset dan Stem
Headset :Tiang penahan bagian stang sepeda dari garpu sampai ke frame dan kemudi sepeda. Dibuat dalam 1 set. 

Stem : penghubung tiang garpu depan ke stang sepeda, dijepit dengan headset. Stem berfungsi untuk menahan garpu depan sepeda modern agar tetap terikat ke rangka frame sepeda.
V-brake
Rem konvensional dengan karet, menjepit bagian velg (RIM) untuk pengereman.
Disk Brake Mechanic
Rem dengan rotor, mengunakan sistem kabel. Velg ban tidak dijepit oleh rem, tapi di jepit di piring rotor Disk brake
Disk Brake Hydrolic
Sama seperti Disk Brake Mechanic. Kabel rem digantikan dengan minyak oli dengan sistem tekanan Hidrolik. Rem dengan tekanan oli, lebih nyaman dibandingkan rem Mekanik. 

Masuk kategori rem sepeda premium. Memiliki kelebihan lebih ringan ketika melakukan pengereman pada jari tangan. Tapi butuh perawatan

Kebutuhan minyak rem yang berbeda antara mineral oil dan DOT.
Minyak DOT atau Minerail Oil
Rem Hidrolik memerlukan cairan seperti minyak rem. Beberapa produsen mengunakan minyak Mineral Oil. Lebih ramah, tidak merusak cat frame. Tapi memiliki kelemahan terhadap panas. Ketika caliper atau bagian penjepit terlalu panas, membuat cairan minyak rem memuai. Kondisi ekstrem dapat membayakan pengendara karena rem terasa tidak terlalu mengigit.

Minyak DOT. Adalah minyak sintetis. Digunakan sebagai minyak yang lebih tahan panas. Ada beberapa tingkat minyak DOT tergantung saran dari produsen. Sifat minyak sintentis ini dapat merusak cat bila terjadi kebocoran.
Rim
Velg roda, dibagi antara velg biasa dan tubeless. Rim adalah ring bagian roda yang menahan ban.
Hub
Hub, gear, bagian tengah roda yang menyambung ke badan sepeda dan garpu depan. Dibagi QR dan TA, QR atau Quick Release sebagai standar lama. TA atau ThruAxle adalah hub model baru yang lebih kuat dan lebih aman.
Spoke
Jari jari sepeda
Nipples
Baut untuk jari jari dipasang dan di ikat ke velg roda
Rigid Fork
Garpu depan tanpa pegas
Suspension Fork
Garpu depan dengan pegas, memiliki sistem dari kombinasi Angin, Oli dan Per. Dibagi dengan Front suspension (garpu depan pegas) dan Rear Suspension Shock (pegas suspensi bagian belakang)

Ukuran panjang Fork atau garpu sepeda dibagi dalam beberapa kategori dan panjang. Dari 100mm, 120mm, 140mm, 160mm.

Diatas 160mm mengunakan Double Crown untuk sepeda Downhill. Tiang fork terus naik sampai atas frame dan di jepit dengan 2 sisi.pada rangka sepeda.
Rear Shock
Rear Shock adalah suspensi dibagian belakang sepeda. Bentuknya dapat berupa per, atau pegas angin. Teknolgoi Rear Shock sudah dikembangkan dengan dual chamber atau dua tabung untuk ke stabilan suspensi sepeda gunung
Crank
Gigi depan terhubung ke pedal sepeda. Dibagi antara single ring, double ring dan triple ring.
Bottom Bracket
Silinder untuk penahan gigi depan (crank). Jenis bearing pada sepeda baru. Sepeda lama hanya mengunakan ball bearing yang menyatu dengan crank.

Ukuran BB atau Bottom Bracket memiliki beberapa standar
Chain
Rantai sepeda

Tergantung ukuran dari 6, 7 speed, 8, speed, dan 9 speed. 

Terakhir dikembangkan 10 speed seperti shimano Dynasis. 

Mulai 9 speed ke 10 speed tidak kompatibel. Rantai dan komponen sudah berbeda. Rantai 10 speed memiliki sisi rantai lebih tipis

Satu lagi terbaru dari SRAM dengan 11 speed, mengunakan 1 crank gigi depan dan 1 cassette gear dibelakang ukuran besar yang disebut doom.

Groupset 11 speed SRAM juga berbeda dengan 10 speed. Khususnya bagian HUB roda belakang harus khusus dirancang 11 speed karena lebih lebar
Seat post
Batang atau tiang penahan sadel / tempat duduk sepeda. Seatpost biasa hanya diturun naiknya manual. 

Adjustable Seat Post

Seatpost mengunakan pegas, bisa diturun naikan dengan sebuah tuas atau di remote ke stang. Tujuannya untuk memudahkan penguna untuk menurun naikan seatpost lebih cepat. Tetapi relatif lebih berat dibanding seatpost statik
Saddle
Sadel atau tempat duduk sepeda
Cassette / sprocket
Gigi belakang sepeda, Dibuat berbeda beda antara 7-8 speed. 9 speed, 10 speed dan terakhir 11 speed. Jumlah speed adalah jumlah ring gigi yang ada.
FD / RD / Rear Mechanic
Alat pemindah gigi bagian belakang atau depan. Di tahun 2014 mulai dikembangkan sistem shifter elektronik
Hanger
Penghubung RD dan bagian frame sepeda. Berguna untuk mengantung RD dibagian gigi belakang. Hanger umumnya dibuat mudah patah, karena di disain untuk rusak bila terkena benda keras seperti batu.

Beberapa disain sepeda tidak mengunakan pengaman Hanger.
Clampset
Penahan seatpost, penjepit tiang bangku sepeda untuk menurun dan menaikan bangku. Ada yang dibuat permanen dengan baut, umumnya dibuat seperti tuas agar mudah dibuka.
Wheelset
Roda sepeda termasuk bagian hub, velg dan jari jari. Biasanya dirancang menjadi satu unit dan dibuat oleh pabrikan. Wheelset memiliki keuntungan dengan disain lebih ringan, kelemahan bila rusak di hub atau penyok akan sulit diperbaiki. Karena harus menganti semua roda dalam satu unit.
Tube / Tire
Ban luar
Inner Tube
Ban dalam
Tubeless
Ban sepeda tanpa ban dalam seperti roda tubeless kendaraan, hanya ban luar saja. Memerlukan Velg khusus untuk ban Tubeless dan pentil tubeless. Velg atau RIM ban tubeless, tidak memiliki lubang celah jari jari dibagian dalam, umumnya dibuat dari pabrikan langsung secara lengkap dalam bentuk roda.
Quick Release
Kunci bagian roda, agar mudah di lepas pasang. Biasanya di singkat QR
 Rotor
Besi cakram sepeda jenis disc brake. Dibagi dari ukuran 6, 7 dan 8 inch. Semakin besar ukuran Rotor akan semakin kuat rem mencengkram. Tetapi rotor besar umumnya berdampak panas berlebihan bila melakukan pengereman terlalu lama.
Presta atau Schrader
Jenis pentil ban sepeda, Presta ukuran kecil dan Schrader untuk ukuran besar seperti pentil motor 
Brake Pad
Kanvas Rem untuk rem jenis Disc Brake penjepit cakram  
Thru-axle
Seperti Quick Release, tetapi berbentuk slot yang dimasukan di bagian garpu depan sepeda tipe True-Axle. Biasanya lebih handal dan lebih menjamin agar roda depan tidak mudah lepas.
Rim tape
Pelindung ban dalam biasanya untuk ban dengan jari jari konvensional. Seperti pita yang dililitkan pada velg/rim sepeda. Melindungi bagian ban dalam agar tidak tersobek oleh lubang jari jari.

Rim Tape tidak dibutuhkan bila mengunakan velg atau RIM tipe tubeless.
Frame
Frame adalah rangka sepeda.

Bagian depan. Dibagi dari Top Tube atau bagian atas. Down Tube bagian bawah

Bagian belakang. Bagian bawah frame sepeda disebut Chainstay dan bagian atas di sebut Seatstay
Itulah komponen-komponen penting sepeda agar tidak salah apabila mengganti dan atau membeli part sepeda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Komponen Sepeda"

Post a Comment