Bisa Sebabkan Kematian, Ini Iv Hal Yang Wajib Diketahui Soal Ngorok

Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta – Ngorok atau mendengkur terjadi bukan karena kelelahan beraktivitas. Ngorok juga bukan penanda bahwa tidur seseorang nyenyak dan pulas.

dr Agus Dwi Susanto, SpP(K), dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, mengatakan ngorok terjadi karena adanya penyempitan saluran napas saat tidur. Berkurangnya aliran udara yang masuk ke saluran pernapasan membuat suplai oksigen ke tubuh berkurang, dan merupakan tanda awal penyakit obstructive slumber apnea.


“Obstructive slumber apnea merupakan kejadian berhentinya napas lebih dari 10 detik yang terjadi secara berulang sepanjang seseorang tidur. Hal ini sangat membahayakan karena OSA dapat mengakibatkan kematian mendadak saat tidur,” tulis dr Agus dalam rilis yang diterima PortalRemaja.

Bertepatan dengan momen Hari Tidur Sedunia hari ini, ada beberapa hal penting yang wajib diketahui soal ngorok karena obstructive slumber apnea. Apa saja?


1. Gejala awal

Gangguan tidur akibat obstructive slumber apnea antara lain ngantuk yang luar biasa di siang hari. Selain itu, pengidapnya juga merasa letih, lesu, produktivitas menurun, konsentrasi terganggu, sakit kepala saat pagi hari, gelisah, tekanan darah tinggi hingga impotensi.

2. Risiko komplikasi

dr Agus mengatakan obstructive slumber apnea bisa menyebabkan beragam komplikasi penyakit, di antaranya hipertensi, penyakit jantung koroner, stroke, diabetes melitus, dislipidemia, dan kecelakaan lalu lintas.

3. Kelompok paling berisiko

Laki-laki usia menengah dikatakan paling banyak mengidap obstructive slumber apnea. Pada umumnya, faktor penyebab obstructive slumber apnea adalah kegemukan dan obesitas. Selain itu, bentuk leher yang besar dan wanita menopause menjadi faktor risiko OSA.

4. Bisa terjadi pada anak

Kelainan bawaan sejak lahir seperti rahang bawah yang mengecil, anak tekak lidah yang terlalu panjang, bentuk lidah yang besar dan lebar bisa menyebabkan obstructive slumber apnea pada anak-anak.

5. Menghilangkan ngorok

Menjaga pola hidup sehat dengan tidak merokok dan minuman keras, serta menjaga berat badan tidak berlebih bisa mencegah terjadinya ngorok karena obstructive slumber apnea.

Cara lain yang bisa digunakan adalah tidur dengan posisi miring atau gunakan bantal yang lebih tinggi. Jika tidak berhasil, dokter akan menganjurkan pemakaian CPAP (continuous positive airway pressure) untuk mengalirkan udara ke saluran napas.

The post Bisa Sebabkan Kematian, Ini Iv Hal Yang Wajib Diketahui Soal Ngorok appeared first on PortalRemaja.Co.Id.



from PortalRemaja.Co.Id http://ift.tt/2HGuKAz
via Pembesar Payudara

from Tips Cantik Artis http://ift.tt/2pje5v2

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bisa Sebabkan Kematian, Ini Iv Hal Yang Wajib Diketahui Soal Ngorok"

Post a Comment