Selamatkan Generasi Muda "Indonesia Darurat Narkoba"


Selamatkan Generasi Muda "Indonesia Darurat Narkoba" - "Indonesia Darurat Narkoba". Demikian yang sering didengung-dengungkan oleh pemerintah dan beberapa pihak untuk menggambarkan situasi tentang serbuan narkoba di negeri ini yang belakangan yang ditangkap berton-ton, bukan lagi kilogram apalagi gram.

Penggambaran situasi itu tampak semakin nyata, juga karena bertambah banyak selebriti dan figur publik yang tertangkap polisi karena mengonsumsi narkoba. Upaya penegakan hukum jelas dilakukan oleh kepolisian, tetapi upaya pencegahan tentu tidak boleh ditinggalkan. Perlu ada penguatan dan peningkatan kesadaran tentang bahaya narkoba di kalangan anak-anak dan remaja.

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Unifah Rosyidi mengatakan pendidikan karakter antinarkoba menjadi tanggung jawab semua pihak, yaitu guru, orang tua dan masyarakat termasuk pemerintah. "Khusus untuk peran guru, semua guru harus memainkan perannya sebagai pendidik, bukan hanya mengajar sesuai mata pelajaran yang diampu, untuk menangkap semua pengaruh negatif terhadap murid," katanya.Agen Bola Terpercaya

Selamatkan Generasi Muda "Indonesia Darurat Narkoba"

Unifah mengatakan narkoba dapat mendatangi anak-anak dengan berbagai macam bentuk dan cara. Karena itu, guru dan sekolah harus bisa membangun komunikasi dengan murid dan orang tua murid untuk mengembangkan pendidikan karakter.

Sekolah harus bisa menjadi rumah kedua bagi murid sehingga terbuka ruang untuk dialog. Dialog antara guru dengan murid dan orang tua, akan bisa menjadi pelindung langsung bagi anak-anak dari pengaruh negatif termasuk narkoba.

Orang tua, guru dan masyarakat juga harus memperhatikan pergaulan sebaya anak-anak. Kerap kali narkoba masuk melalui pergaulan sebaya.

Unifah mengatakan masalah narkoba bukanlah sesuatu yang sederhana. Apa pun kesulitan yang dihadapi guru, mereka tetap harus melindungi murid-muridnya dari pengaruh buruk yang mengancam.Agen Casino Terbaik

Selamatkan Generasi Muda "Indonesia Darurat Narkoba"

"Tidak hanya narkoba, tetapi juga korupsi, penggunaan alat elektronik, kebencian, intoleransi dan lain-lain. Harapan besar untuk melindungi anak-anak ada pada guru," katanya.

Unifah mengatakan pendidikan antinarkoba tidak bisa berupa indoktrinasi, tetapi harus kekinian agar bisa mengena di kalangan generasi milenial. "Kepala sekolah, guru dan pengurus OSIS harus aktif mencari media-media yang tepat untuk pendidikan antinarkoba kepada murid-murid," katanya.

Menurut Unifah, harus ada upaya sistematis untuk penyuluhan tentang narkoba yang benar dan bahayanya. Karena itu, perlu kreativitas sekolah untuk menciptakan program penyuluhan yang sesuai bagi generasi milenial yang mengaku kekinian.Agen Poker Indonesia Terbesar

Bukan lagi melalui indoktrinasi, melainkan bisa saja melalui media film atau berbagai dialog. PGRI sendiri saat ini tengah membangun pusat pendidikan karakter yang akan mengembangkan inovasi dalam pembelajaran.

#Sumber

from Coretan Penaku http://ift.tt/2CYamYT

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Selamatkan Generasi Muda "Indonesia Darurat Narkoba""

Post a Comment