Kenali Penyebab Utama Kadar Kolesterol Tinggi

HarianSehat.Com – Kenali Penyebab Utama Kadar Kolesterol Tinggi, Agar tubuh selalu sehat dan organ-organ penting dalam tubuh dapat berfungsi dengan baik sebaiknya Anda harus tetap menjaga agar kolesterol selalu seimbang. Karena apabila tubuh memiliki kadar kolesterol tinggi dikhawatirkan akan mengakibatkan terjadinya penyumbatan pada bagian pembuluh darah tubuh dan akan berakibat meningkatnya resiko kardiovaskular.

Jika terlalu banyak kolesterol dalam darah, maka resiko munculnya penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung menjadi lebih tinggi. Salahsatu penyebab kolesterol tinggi adalah kebiasaaan makan yang kurang sehat sehingga berpengaruh pada kolesterol tubuh, misalnya terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak tinggi dan bergula. Maka dari itu menjaga pola makan dengan baik merupakan salahsatu cara untuk mencegah terjadinya peningkatan kolesterol secara drastis didalam tubuh.

Kenali Penyebab Utama Kadar Kolesterol Tinggi

Penyebab Utama Kadar Kolesterol Tinggi

Gambar Ilustrasi

Kolesterol tinggi pada seseorang dapat terjadi karena berbagai hal, faktor pemicu tingginya kadar kolesterol tinggi tersebut tentu harus dihindari agar kadar kolesterol dalam tubuh tetap seimbang. Dibawah ini merupakan penyebab kolesterol tinggi dalam tubuh, seperti yang dilansir dari situs HealthMeUp, simak uraiannya lengkapnya dibawah ini !

1.) Diet Tak Sehat
Sebaiknya Anda menghindari konsumsi lemak jenuh dalam porsi berlebih karena apabila kebiasaan ini terus dilakukan maka kadar kolesterol dapat meningkat dengan drastis. Jenis lemak jenuh ini pada umumnya dapat ditemukan pada makanan seperti daging, keju dan mentega.

Selain itu makanan-makanan junkfood juga biasanya memiliki kadar lemak jenuh yang cukup tinggi. Sebisa mungkin konsumsi lemak jenuh harus dibatasi agar kadar kolesterol dalam tubuh tetap dalam keadaan seimbang.

2.) Faktor Keturunan
Ternyata kadar kolesterol dalam tubuh dapat dipengaruhi dari keturunan. Maka dari itu, apabila ternyata diketahui keluarga Anda memiliki masalah kolesterol tinggi dalam tubuh, Anda harus lebih waspada dan lebih dianjurkan lagi untuk rutin memeriksakan diri ke dokter.

Seringkali, keturunan dari gen yang memiliki sejarah kolesterol tinggi memiliki tingkat resiko terserang penyakit kardiovaskular dan stroke yang lebih tinggi. Maka dari itu pemeriksaan rutin diperlukan.

3.) Obesitas
Diketahui bahwa masalah obesitas merupakan masalah yang seringkali disebut sebagai penyebab munculnya berbagai macam penyakit pada tubuh, termasuk juga dapat memicu kadar koleterol tinggi dalam tubuh.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih, lebih danjurkan untuk bisa menurunkan berat badan. Karena apabila obesitas terus dibiarkan atau bahkan berat badan semakin naik dapat memicu berbagai penyakit lainnya pada tubuh.

4.) Malas
Kadar kolesterol tinggi juga dapat dipicu karena kebiasaan malas. Misalnya seharian duduk-duduk bersantai menonton televisi atau komputer dan jarang melakukan olehraga.

Sebaiknya kebiasaan tersebut diubah karena kebiasaan malas terebu kurang baik, Anda harus mulai aktif bergerak dan melakukan olehraga secara rutin agar kesehatan dan kebugaran tubuh tetap terjaga selain itu kolesterol dalam tubuh juga dapat seimbang.

5.) Merokok
Kebiasaan merokok merupakan kebiasaan yang kurang baik, apabila seseorang merokok maka akan berakibat kolesterol baik dalam tubuh turun dan kolesterol jahat naik. Dan pada akhirnya macam-macam penyakit bisa mengancam tubuh Anda.

Jadi mulai sekarang Anda harus mulai menghilangkan kebiasaan merokok. Meskipun tidak mudah, Anda bisa mencoba program menghilangkan kebiasaan merokok ini dengan cara mengurangi sedikit demi-sedikit hingga akirnya Anda bisa berhenti merokok.

6.) Usia dan Jenis Kelamin
Dengan semakin bertambahnya umur setidaknya sejak seseorang umur 20 tahun maka kadar kolesterol dalam tubuh dapat meningkat, dan peningkatan kolesterol hingga mencapai umur 60-65 tahun.

Namun, pada wanita kolesterol akan menurun sebelum terjadinya masa menopause. Tetapi setelah menopause kadar kolesterol tersebut dapat meningkat secara drastis kembali.

7.) Obat-obatan
Konsumsi obat-obatan ternyata bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh, maka dari itu sebelum Anda menggunakan obat-obat tertentu untuk dikonsumsi maka sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter. Karena bisa saja obat-obat tertentu dapat memicu kadar kolesterol meningkat drastis dalam tubuh.

8.) Stress
Kadaan stress juga dapat memicu kolesterol tinggi, karena apabila seseorang terkena stress maka seseorang tersebut bisa saja mengkonsumsi makanan sembarangan (tidak sehat), merokok dan melakukan kebiasaan tidak sehat lainnya. Sehingga bisa memicu kadar kolesterol dalam tubuh meningkat.

Maka dari itu, sebisa mungkin untuk menghindari stress atau apabila Anda terkena stress segera atasi agar kesalahan-kesalahan buruk tersebut tidak terjadi agar kolesterol dalam tubuh tetap seimbang.

9.) Penyakit
Ada beberapa penyakit yang dapat mempengaruhi kolesterol dalam tubuh, misalnya saja penyakit diabetes. Maka dari itu Anda harus tetap menjaga kesehatan tubuh Anda. Berkonsultasilah dengan dokter untuk tetap memastikan kadar kolesterol dalam tubuh Anda seimbang agar tidak terpengaruh dan berpengaruh menimbulkan penyakit lainnya.

Diatas merupakan artikel tentang Penyebab Utama Kadar Kolesterol Tinggi, dengan adanya informasi diatas maka Anda dianjurkan untuk tetap menjaga dan memelihara gaya hidup sehat. Seperti mengurangi makanan cepat saji yang mengandung lemak trans dan menjauhi berbagai makanan berbahaya lainnnya yang dapat mempengaruhi kolesterol.

Baca juga : Gejala Awal Penyakit Kolesterol Tinggi

Semoga berjudul Kenali Penyebab Utama Kadar Kolesterol Tinggi ini bermanfaat dan dapat menambah pengatahuan tentang kesehatan. Anda bisa membaca artikel kesehatan lainnya di situs HarianSehat.Com yang memberikan berbagai informasi seputar gaya hidup sehat, informasi penyakit dan jenis makanan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Terimakasih telah berkunjung.. Jaga selalau kesehatan Anda dan Salam Sehat!


Harian Sehat - Daily Health News

The post Kenali Penyebab Utama Kadar Kolesterol Tinggi appeared first on Harian Sehat.



from Harian Sehat http://ift.tt/2p2vA2p
via Pembesar Payudara

from Tips Cantik Artis http://ift.tt/2BXj62j

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kenali Penyebab Utama Kadar Kolesterol Tinggi"

Post a Comment