Menarik !!!!! Ternyata Buah Naga Memiliki DNA


Menarik !!!!! Ternyata Buah Naga Memiliki DNA  - DNA bukan hanya ada di dalam sel darah kita saja, melainkan juga ada di semua sel buah, tumbuhan, dan lainnya.

BEBERAPA tabung laboratorium, blender, hingga sabun pencuci piring sudah ada di panggung. Ada pula potongan buah naga dan wortel yang sudah tersedia.

Dengan memakai jas laboratorium dan sarung tangan, empat pengunjung Indonesia Science Expo Selasa (24/10) ini bukan bertugas untuk mencuci, melainkan untuk mengetahui sel DNA.

Ya, menurut Ibu Marlina Ardiyani, Kepala Laboratorium Sistematika Molekuler Bidang Botani Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), DNA bukan hanya ada di dalam sel darah kita saja, melainkan juga ada di semua sel buah, tumbuhan, dan lainnya. Tentu Sobat Medi pernah mendengar DNA sebagai suatu tanda yang diturunkan orangtua kita kan? Apa sebenarnya DNA?

Informasi biologis Agen Bola Terpercaya

Menarik !!!!! Ternyata Buah Naga Memiliki DNA

DNA singkatan dari deoxyribo nucleic acid atau dalam bahasa Indonesia disebut asam deoksiribonukleat. DNA merupakan materi yang membentuk kromosom-kromosom dan merupakan informasi genetik yang tersimpan dalam tubuh makhluk hidup.

Ya, DNA ialah kode yang menjamin bahwa sel anak mewarisi karakteristik yang sama dengan sel induk.

Struktur kimia DNA berupa makromolekul kompleks yang terdiri atas tiga macam molekul, yaitu gula pentosa (deoksiribosa), asam fosfat, dan basa nitrogen. Basa nitrogen DNA terdiri dari golongan purin, yaitu adenine dan guanine, serta golongan pirimidin yaitu timin dan sitosin.

"Letak struktur DNA ada di mitokondria, sentriol, kloroplas, dan inti sel," kata Ibu Marlina. Menurutnya, DNA terdiri dari makromolekul berstruktur primer yang dilengkapi rantai rangkap berpilin. Ya, berbentuk seperti tangga melingkar yang sering kita lihat.Agen Casino Terbaik

Tahukah sobat ukuran dari DNA? Iya, kecil sekali lo sobat, yakni 2,0 nanometer atau 2,0 x 10 mm dan panjangnya 3,4 nanometer atau 3,4 x 10 mm loh. Nah mau tahu seperti apa DNA itu?

Menarik !!!!! Ternyata Buah Naga Memiliki DNA

Ekstraksi DNA Agen Poker Indonesia Terbesar

Di acara ini, para pengunjung mencoba mengekstraksi DNA dengan bantuan dan arahan dari Ibu Marlina dan peneliti LIPI lainnya. Bukan dari darah, mereka menjadi ilmuwan dengan mengekstraksi buah naga dan wortel. Ini juga bisa kalian lakukan di rumah bersama orangtuamu lo.

Ingat ya, tanganmu harus terlindungi dari kotoran makanya harus menggunakan sarung tangan dan jas khusus ya, jangan sampai terkontaminasi oleh bahan lainnya. Langkah pertama untuk mengambil inti selnya ialah memasukkan 3,5 gram garam ke breaker glass dengan menambahkan 60 ml air destilasi dan aduk rata.

Kemudian, siapkan bahan yang akan diekstraksi, kamu bisa pakai buah naga, bayam, wortel, tomat, atau lobak. "Blender bahan tersebut selama 4-5 menit. Jangan terlalu lama karena bisa merusak selnya," kata Ibu Marlina. Jika sudah, bahan tersebut disaring tapi tidak boleh menekannya secara keras. Lalu tambahkan 2-3 tetes sabun cuci piring dan aduk secara merata. Jangan sampai berbusa ya sobat.

"Langkah terakhir, masukkan larutan yang sudah diaduk ke tabung laboratorium hingga ketinggian mencapai 2,5 cm," kata Ibu Marlina. Kamu perlu memiringkan tabung laboratoriumnya di tanganmu lalu memasukkan alkohol 70% dingin secara perlahan.

Dengan cara ini air ektraksi buah akan berpisah sehingga DNA tampak mengapung dalam larutan. Warnanya putih, menggumpal, dan melayang. Ini harus dilakukan pelan-pelan ya sobat agar selnya tidak rusak.

Dalam satu percobaan, ada ribuan sel lo sobat. Di laboratorium, sel ini bisa diambil dan diteliti kembali lo. Nah kini kamu juga bisa melihat dengan cara sederhana kan sobat? Yuk belajar eksperimen sambil belajar. (Suryani Wandari/M-1)

#Sumber



from Coretan Penaku http://ift.tt/2hFFmVq

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menarik !!!!! Ternyata Buah Naga Memiliki DNA"

Post a Comment