9 Kecamatan di Probolinggo Diserang Hama Wereng

Penulis: Haryo
Kamis 6 Juli 2017

Probolinggo,KrakssaanOnline.com - Serangan hama wereng di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, semakin ganas. Akibatnya, para petani kini mulai resah dan harus menerima risiko untuk gagal panen tanaman padinya di tahun ini.

Ganasnya serangan hama wereng belakangan ini, membuat petani pasrah dan akan mengganti tanaman padinya dengan tanaman lainnya seperti tembakau dan bawang. Ada beberapa Kecamatan di Kabupaten Probolinggo yang diserang wereng, slah satunya di Desa Sumberanyar, Kecamatan Paiton. Puluhan hektar di Desa tersebut tanaman padi mati (bero) dalam usia tanam dini.

"Usia satu bulan setengah tanam, sudah megnuning. Biasnya masih hijau. Ini malah hangus karena hama wereng, diberi obat-obatan sudah, tapi tidak mempan. Kami sudah pasrah dengan kondisi ini. saya berharap pemerintah memperhatikan masalah ini,"kata Sukron, salah satu petani padi di Desa setempat, Kamis (6/7/2017).

Dia menyebut Sekali tanam sampai panen bisa menyemprot obat anti-hama sebanyak enam kali. Pengeluaranya sekitar Rp 600.000  lebih. Jika pemerintah memparhatikan hal ini kata Munadi, ,isalnya obat-obatan disubsidi itu bisa mengurangi beban para petani yang kali ini tanam padi.

"Sudah dua kali musim padi saya gagal panen akibat hama wereng. Saya mencoba pakai obat hama tapi tidak mempan. Puluhan hektar sawah di sini diserang hama. Mau giman lagi, kami hanya bisa pasrah degnan kondisi ini,"kata Sriyatun, petani lainnya di Kecamatan Paiton.

Sementara itu, Hasyim Asari, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo, membenarkan atas terjadi serangan hama wereng di sejumlah Kejcamatan di Kabupaten Probolinggo. Namun pihaknya sudah melakukan upaya pencegahan dan pengendalian. Serangan wereng kata Hastim, tidak terjadi di Kabupaten Probolinggo saja, melainkan di daerah lainnya juga.

Hasyim menyebut, di Kabupaten Probolinggo, ada ada 9 kKecamatan yang diserang hama wereng. Diantararnya Kecamatan Krksaan 57.5 ha. Paiton 2 ha. Krejengan 17 ha. Pajarakan 15 ha. Gending  14 ha. Pakuniran  3 ha. Tongas 2 ha. Besuk 1 ha.   Dan Kotaanyar 2 ha.(ryo)


Editor: Firman

from Berita Anyaran http://ift.tt/2sJbIWZ

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9 Kecamatan di Probolinggo Diserang Hama Wereng"

Post a Comment