Efek Berbahaya Terlalu Banyak Mengkonsumsi Kayu Manis

Bahaya mengkonsumsi kayu manis berlebihan – Kayu manis mungkin lebih dikenal sebagai bumbu dapur yang digunakan untuk menambah cita rasa makanan. Namun selain untuk manfaat tersebut, kayu manis juga bisa dikonsumsi sebagai ramuan tradisional dalam mengobati penyakit tertentu, atau penambah rasa pada minuman. Aromanya yang khas sering menjadi penambah aroma dan rasa pada teh atau kopi, sehingga bagi yang menyukainya hampir setiap hari rempah satu ini dikonsumsi.

bahaya mengkonsumsi kayu manis berlebihan

tapi tahukah Anda, kalau ternyata jika dikonsumsi berlebihan maka kayu manis dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh. Ya, meski banyak disukai, kayu manis tidak boleh dikonsumsi secara sembarangan, terlalu sering atau terlalu banyak. Bahkan dalam keadaan serius, kayu manis dapat membuat orang mengalami penyakit yang tidak boleh diremehkan. Nah, berikut ini merupakan beberapa efek bahaya dari mengkonsumsi kayu manis secara berlebihan.

Efek Berbahaya Berlebihan Konsumsi Kayu Manis

1. Menyebabkan Iritasi Lambung

Jika Anda memiliki masalah dengan lambung terutama penderita ulkus lambung, sangat tidak disarankan mengkonsumsi kayu manis terlalu sering. Kayu manis dapat memperparah sakit pada lambung dan membiatnya semakin teriritasi. Jika ingin mengkonsumsinya, jangan pernah melebihi dari setengah sendok teh agar tidak berdampak buruk terhadap kesehatan lambung.

[ Baca juga : Cara menjaga Asam Lambung agar kembali normal ]

2. Merangsang Kelahiran Prematur

Ibu hamil memang memiliki banyak pantangan dalam hal makanan maupun minuman. Salah satu yang tidak boleh dikonsumsi selama hamil adalah kayu manis, baik yang ada dalam makanan maupun minuman. Rempah satu ini dapat merangsang kontraksi otot rahim sehingga bayi dalam kandungan terancam lahir sebelum waktunya. Lahir prematur sangat beresiko terhadap kesehatan dan keselamatan bayi karena kondisi fisiknya yang belum siap untuk beradaptasi dengan lingkungan luar.

[ Baca juga : 5 Makanan sehat untuk Ibu hamil ]

3. Darah Menjadi Encer

Kandungan senyawa dalam kayu manis dapat menyebabkan darah menjadi lebih encer. Kondisi tersebut sangat tidak baik karena dapat menghambat pembekuan darah saat terjadi luka. Selain itu, kayu manis juga tidak dianjurkan dikonsumsi saat dalam keadaan haid, sedang mengkonsumsi obat tertentu atau akan menjalani operasi. Darah yang terlalu encer dapat meningkatkan resiko terjadinya perdarahan yang hebat.

4. Mengganggu Kesehatan Hati dan Ginjal

Kayu manis dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada ginjal maupun hati karena adanya kandungan senyawa coumarin di dalamnya. Coumarin dapat memperberat kerja hati dan ginjal sehingga bisa memberikan dampak buruh terhadap kedua organ yang penting tersebut. Terutama bagi ginjal, coumarin dapat bersifat sebagai toksik atau racun yang menggerogoti tubuh.

[ Baca juga : 5 Gejala diabetes yang harus diwaspadai ]

5. Kadar Gula Darah Tidak Stabil

Kadar gula dalam darah memang harus tetap dikontrol dan diusahakan untuk stabil. Jika berlebihan, maka hal tersebut bisa memicu terjadinya diabetes. Karena ketakutan tersebut, banyak yang berbondong-bondong untuk mengkonsumsi kayu secara rutin agar gula darah tidak meningkat. Namun jika berlebihan dikonsumsi justru kadar gula akan terus menerus turun. Akibatnya tubuh menjadi lemas dan sering merasakan sakit kepala.

6. Denyut Jantung Meningkat

Kandungan senyawa dalam kayu manis juga dapat menyebabkan kerja jantung menjadi tidak stabil. Detak jantung menjadi lebih keras dan cepat, juga suhu tubuh yang  terus meningkat. Jika Hal tersebut terus terjadi maka jantung menjadi lebih cepat berdetak dan akan menyebabkan gangguan pada organ jantung.

[ Baca juga : 5 Gejala ini muncul sebulan sebelum serangan jantung ]

Kalau sudah tahu bahayanya, lebih baik belajar agar tidak tergantung dan tidak selalu mengkonsumsinya. Mungkin jika dikonsumsi 1-2 kali dalam seminggu dengan dosis sedikit, masih bisa ditolerir dan bagi ginjal atau hati memiliki waktu untuk menetralisir senyawa dalam kayu manis dalam tubuh yang bersifat toksik.

The post Efek Berbahaya Terlalu Banyak Mengkonsumsi Kayu Manis appeared first on Manfaatsehat.id.



from Manfaatsehat.id http://ift.tt/2xOL3ak
via Pembesar Payudara

from Tips Cantik Artis http://ift.tt/2xayDwn

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Efek Berbahaya Terlalu Banyak Mengkonsumsi Kayu Manis"

Post a Comment