Berapa Lama Menyimpan Makanan di Kulkas?

HarianSehat.Com – Berapa Lama Menyimpan Makanan di Kulkas Agar Tidak Beracun? Banyak orang yang tidak terlalu mempedulikan cara mereka menyimpan makanan di kulkas. Padahal potensi keracunan yang diakibatkan oleh makana bisa saja terjadi karena kurang tepat dalam menyimpan berbagai makanan tersebut.

Seperti yang telah diketahui salahsatu cara untuk membuat makanan lebih awet yaitu menggunakan kulkas sehingga jenis makanan tertentu akan bertahan lebih lama. Meskipun demikian tentu saja cara menyimpan dan lama menyimpan makanannya juga harus diperhatikan dengan baik, agar ketika dikonsumsi makanan tersebut tidak menggangu kesehatan tubuh Anda.

Berapa Lama Menyimpan Makanan di Kulkas?

Hal ini, bukan berarti makanan yang disimpan didalam kulkas akan tahan sangat lama, Anda harus memperhatikan berbagai faktor lainnya agar makanan dapat bertahan lebih lama didalam kulkas.

Berapa Lama Menyimpan Makanan di Kulkas

Gambar Ilustrasi

Dibawah ini jawaban dari pertanyaan berapa lama makanan disimpan pada kulkas:

Produk Di kulkas area non-freezer: Di freezer:
Daging cincang 1 hingga 2 hari 3 hingga 4 bulan
Daging steak, panggang 3 hingga 5 hari 4 hingga 12 bulan
Keju kemasan 3 hingga 4 pekan Dapat dibekukan, tapi berisiko merusak tekstur
Daging ayam (paha, dada) 1 hingga 2 hari 9 bulan
Jeroan ayam 1 hingga 2 hari 3 hingga 4 bulan
Ayam utuh 1 hingga 2 hari 12 bulan
Telur segar 3 hingga 5 pekan Jangan dibekukan
Telur rebus / terproses 1 pekan Jangan dibekukan
Ikan 1 hingga 2 hari 2 hingga 3 bulan
Masakan berkuah 1 hingga 2 hari 2 hingga 3 bulan
Es krim Jangan di non-freezer 2 hingga 4 bulan
Makanan di wadah terbuka 3 hingga 5 hari 1 hingga 2 bulan
Makanan di wadah tertutup 2 pekan 1 hingga 2 bulan
Mayonnaise 2 bulan Jangan dibekukan
Susu 7 hari 1 bulan
Pizza 3 hingga 4 hari 1 hingga 2 bulan
Sosis / daging olahan 1 hingga 2 hari 1 hingga 2 bulan

Selain itu dibawah ini juga diberikan beberapa tips agar makanan dan minuman yang disimpan didalam kulkas baik dan sehat :

1.) Pengaturan Suhu
Anda bisa mengatur suhu kulkas (non-freezer) dengan kisaran 3°C hingga 5°C. Anda tidak dianjurkan untuk menggunakan suhu yang terlalu hangat ataupun terlalu dingin karena akan berpengaruh pada makanan lainnya. Selain itu dikhawatirkan bakteri pada kulkas akan lebih mudah tumbuh.

2.) Makanan Aroma Menyengat
Apabila Anda berniat untuk menyimpan berbagai makanan yang memiliki aroma kuat, sebaiknya Anda memastikan untuk menutup makanan tersebut dengan wadah yang cukup tertutup dengan rapat. Ini dilakukan agar makanan lain terhindar dari kerusakan yang terjadi akibat aroma makanan yang menyengat tersebut. Maka dari itu sangat dianjurkan untuk menutup makanan yang memiliki aroma menyengat tersebut pada wadah yang tertutup.

3.) Daging, Ayam, Ikan
Apabila Anda menyimpan jenis daging, ikan, ayam, dan jenis daging unggas segar lainnya pada area non-frezer dianjurkan jangan menyimpannya lebih dari 2 hari. Apabila daging segar jangan lebih dari 3 hari apalagi lebih lama, sangat tidak dianjurkan. Apabila Anda ingin menyimpannya lebih lama, Anda bisa memasaknya terlebih dahulu, dan bekukan dengan cara menyimpannya didalam area freezer.

4.) Penempatan Makanan
Sebisa mungkin untuk membuat kulkas Anda tidak penuh, sesak atau padat dengan makanan dan minuman. Hal ini agar ada sirkulasi udara yang senantiasa terjaga apabila makanan dalam kulkas memiliki jarak satu sama lain.

5.) Wadah Makanan
Anda dianjurkan untuk memiliki wadah untuk makanan yang bisa ditutup dengan rapat. Hal ini bertujuan agar aroma makanan, dan juga tetesan dari makanan lainnya tidak menyebar selain itu kesegaran makanan dalam kulkas Anda akan lebih terjaga dengan menggunakan masing-masing wadah makanan ini.

6.) Makanan Kaleng
Bagi Anda yang ingin menyimpan makanan kaleng, sebaiknya Anda perhatikan kaleng nya terlebih dahulu, apakah ada karat atau tidak, atau mungkin Ada lubang yang bisa mengakibatkan kebocoran. Jadi perhatikan dengan cermat apa yang akan Anda simpan.

Jadi, Lama Menyimpan Makanan di Kulkas Agar Tidak Beracun tergantung pada jenis makanan yang akan disimpan pada kulkas. Pada umumnya makanan yang dibekukan akan lebih tahan lama, namun meskipun demikian tidak semua makanan bisa dibekukan dapat bertahan lebih lama, ada jenis-jenis makanan yang tidak cocok untuk dibekukan.

Selain itu, penting untuk di ingat juga, semakin lama makanan disimpan dalam kulkas maka kualitas dari makanan akan semakin menurun dan juga Anda harus memperhatikan batas dari kadaluarsa makanan yang disimpan tersebut.

Ada beberapa tips lain juga yang bisa Anda aplikasikan diantaranya, apabila Anda ingin membekukan makanan, sebaiknya setelah dibeli atau dipanen bisa dibekukan secepatnya agar ketika dihilangkan kebekuannya kualiats masih lebih baik. Jenis makanan kaleng tidak cocok untuk dibekukan.

Selain itu, hal yang paling penting adalah makanan harus dibersihkan dulu dan kering sebelum dibekukan. Cara membungkus menjadi faktor penting lainnya apabila Anda ingin membekukan makanan. Pastikan kemasan tidak rusak, robek, ataupun pecah. Berikan label pada makanan tersebut agar Anda dapat mengetahui seberapa lama makanan tersebut sudah dibekukan dalam freezer.

Baca juga : Tips dan Cara Tepat Menyimpan Makanan di Kulkas

Semoga artikel berjudul Berapa Lama Menyimpan Makanan di Kulkas? ini bisa memberikan informasi bagaimana cara menyimpan makanan dengan baik dan benar sehingga makanan tetap sehat ketika dikonsumsi. Apabila Anda mendapati makanan yang sudah beraroma tak sedap dan teksturnya menjadi seperti busuk, sebaiknya langsung dibuang saja dan jangan dikonsumsi karena akan beresiko tubuh keracunan dari makanan basi tersebut.


Harian Sehat - Daily Health News

The post Berapa Lama Menyimpan Makanan di Kulkas? appeared first on Harian Sehat.



from Harian Sehat http://ift.tt/2nmVwaT
via Pembesar Payudara

from Tips Cantik Artis http://ift.tt/2sYjXhV

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berapa Lama Menyimpan Makanan di Kulkas?"

Post a Comment