Aplikasi Digital Kesehatan semakin Mudah bagi Pasien


Aplikasi Digital Kesehatan semakin Mudah bagi Pasien - TEKNOLOGi informasi berbasis jaringan (daring/online) berkembang pesat dalam dua dekade terakhir. Arus informasi pun semakin mudah didapatkan hanya dengan menyentuh fitur yang terdapat di telepon pintar (smartphone) yang kini sudah menjadi kebutuhan dasar masyarakat di era digital.

Informasi yang masuk tak terkecuali juga menyangkut masalah kesehatan yang sangat berpengaruh pada kehidupan sehari-hari setiap orang karena badan yang sehat mampu membuat seseorang produktif.

Gangguan kesehatan akan berakibat pada produktivitas seseorang, bahkan bisa berpengaruh terhadap kondisi finansial. Kini, internet yang sudah merambah seluruh kehidupan manusia pun dapat memberikan informasi seputar kesehatan yang dapat membantu seseorang
menjaga kondisi tubuh dari berbagai macam penyakit. Agen Bola Terpecaya

Meski demikian, Medical Editor Klikdokter.com dr Fiona Amelia MPH mengatakan diperlukan juga kemampuan literasi kesehatan untuk memaksimalkan sumber informasi yang tepercaya di era digital.

Aplikasi Digital Kesehatan semakin Mudah bagi Pasien

Dokter yang menempuh pendidikan di Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada itu membagikan tiga kiat untuk bisa menjadi pasien cerdas di era digital. Pertama, temukan sumber tepercaya dan berkualitas. Hal itu bisa dilakukan dengan menuliskan frasa pencarian secara spesifik di mesin pencari yang tersedia di internet. Menurut dia, situs yang baik juga akan diperbarui secara berkala dan mencantumkan tanggal pembaruan terakhir.

“Tampilan muka situs kesehatan juga penting untuk diperhatikan. Apabila informasi ditampilkan dengan bahasa yang kurang baik serta banyak kesalahan penulisan, situs tersebut kurang layak dipercaya. Mungkin, informasi yang diberikannya pun kurang akurat,” kata dia dikutip dari situs Klikdokter.com. Agen casino Terbaik

Kedua, kenali jenis informasi yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan. Secara umum, terdapat tiga jenis informasi kesehatan yang banyak ditemui di internet. Yaitu, meliputi informasi/aplikasi gaya hidup sehat (wellness), informasi terkait dengan kesehatan/penyakit tertentu berikut pengobatannya, dan informasi untuk pengasuh orang sakit


Aplikasi Digital Kesehatan semakin Mudah bagi Pasien

Ketiga, manfaatkan fiturfitur lainnya. Beberapa situs/ aplikasi menawarkan aplikasi konsultasi online dan live chat untuk bisa berinteraksi langsung dengan dokter di mana pun pasien berada. Untuk aplikasi berbasis mobile, sebagian di antaranya juga dilengkapi fitur panggilan gawat darurat, mesin pencari praktik dokter/fasilitas kesehatan, layanan dokter 24 jam, dan apotek online.

“Kemudahan mengakses informasi kesehatan melalui e-health ini memang memiliki beberapa keuntungan. Namun, perlu diperhatikan pula bahwa penggunaan e-health tidak bisa menggantikan konsultasi tatap muka antara dokter dan pasien. Melalui interaksi langsung, dokter ahli kesehatan dapat mengetahui secara pasti gejala apa saja yang dialami pasien,” ujar Fiona.

Klikdokter

Salah satu penyedia layanan informasi kesehatan secara online ialah Klikdokter.com. Situs yang dikelola PT Karsa Lintas Buwana itu merupakan situs yang mempromosikan komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE) kesehatan berbasis bahasa Indonesia yang diperuntukkan masyarakat umum dan kalangan medis.

Dilengkapi dengan artikel kesehatan terkini yang diambil dari sumber tepercaya, situs yang sudah menyediakan aplikasi mobile sejak 2015 itu juga menyediakan direktori indeks berbagai penyakit dan obat yang bisa memberikan informasi umum mengenai berbagai penyakit dan obat dari A sampai Z. Fitur unggulan yang tersedia di Klikdokter.com ialah live chat dan tanya dokter.

Melalui fitur tersebut, masyarakat bisa berkonsultasi secara online yang akan dijawab sejumlah dokter ahli yang menjadi narasumber. Sementara itu, live chat yang tersedia dalam rentang waktu tertentu membuat masyarakat merasakan pengalaman realtime berkonsultasi dengan dokter lewat forum yang disediakan.

Klikdokter.com juga menyediakan lima fitur health tool yang terdiri dari kalender kehamilan, kalkukator kalori & indeks massa tubuh, kalender kesuburan, tumbuh kembang anak, dan kadar ketergantungan nikotin. Melalui Klikdokter.com, masyarakat tidak perlu keluar uang banyak untuk mencerdaskan diri sendiri soal kesehatan.

# Sumber

from Coretan Penaku http://ift.tt/2tOJ4E4

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aplikasi Digital Kesehatan semakin Mudah bagi Pasien"

Post a Comment