Semen Kendeng di Bahas Pada Debat Ganjar dan Sudirman


Semen Kendeng di Bahas Pada Debat Ganjar dan Sudirman - Kasus semen Kendeng tak tersentuh pada debat pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018. Para paslon diduga sengaja menghindar isu itu karena ada kepentingan investasi tambang.

Isu semen Kendeng telah mewarnai masa-masa kepemimpinan Gubernur Ganjar Pranowo akibat berbagai aksi protes yang dilakukan oleh warga Pegunungan Kendeng.Agen Bola Terpercaya

Di antaranya, protes Kartini Kendeng yang melakukan aksi jalan kaki dari Jawa Tengah ke Jakarta, menyemen kaki di depan Istana Negara, yang berujung kematian salah satu pejuangnnya.

Semen Kendeng di Bahas Pada Debat Ganjar dan Sudirman

Warga memprotes pembangunan pabrik semen di di sekitar Pegunungan Kendeng, Rembang, Jateng, oleh PT Semen Indonesia Tbk (Persero) karena dianggap tak menaati Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS). Persoalan itu hingga kini tak jelas juntrungan.Agen Casino Terbaik

Kasus Kendeng luput dari pembahasan dalam debat perdana Pilgub Jateng 2018, bebeberapa waktu lalu. Warga mengaku bingung soal alasan petahana Ganjar Pranowo maupun penantangnya, Sudirman Said, sama sekali tak menyinggung soal semen Kendeng.

"Sedulur siket tidak mengerti juga kenapa tak ada pembahasan sama sekali dalam debat kemarin. Padahal kami menunggu langkah apa yang mereka ambil untuk selesaikan masalah di sini," kata Gunarti, salah satu aktivis warga Kendeng, saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (2/5).

Pada debat perdana Pilgub Jateng ada enam tema yang diangkat, yakni soal meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, penyelesaian persoalan daerah, menyerasikan pelaksanaan pembangunan daerah Kabupaten/Kota, serta memperkokoh NKRI dan kebangsaan.

Sementara debat kedua kali ini membahas persoalan ekonomi dan pelayanan publik di Jawa Tengah.

Gunarti mengaku menunggu kalimat atau setidaknya singgungan salah satu calon dalam debat ketika itu yang berhubungan dengan permasalahan pembangunan Pabrik Semen di Kendeng.

"Tapi sampai selesai debat, tidak ada. Yowes kami semakin yakin bahwa tak ada yang bisa kami pilih," cetus Gunarti.Agen Poker Indonesia Terbesar

Hal itu diakuinya semakin memperdalam kekecewaan warga Kendeng. Terlebih, tak satupun paslon mendatangi warga Kendeng untuk sekadar membicarakan masalah pembangunan pabrik semen itu.

Ganjar, kata Gunarti, memang pernah datang sekali ke lokasinya pada masa kampanye. Namun, Ganjar tak membahas sedikitpun soal pabrik semen.

"Pernah datang, tapi tak ada dialog. Dia katanya kangen keluarga di sini. Tak temui warga. Temui keluarga saja, saya tidak dengar itu ada dialog dengan warga," katanya.

Pihaknya mengancam tak memilih satu pun paslon jika dalam rangkaian debat Pilgub Jateng 2018 ini tak ada sama sekali pembahasan soal pabrik semen Kendeng.

"Ya nanti coba dilihat di debat kedua, kalau ada yang bahas mungkin kami mau nyoblos, kalau tidak bahas kami bisa golput. Buat apa memilih pemimpin yang tidak bisa dengar dan selesaikan masalah warga yang mau dia pimpin?" cetus Gunarti.

Izin Tambang Baru Jelang Pilkada

Merah Johansyah dari Jaringan Tambang Nasional (Jatam) mengaku kecewa sekaligus bingung karena masalah Kendeng tak disinggung pada debat putaran pertama Pilgub Jateng.

"Kecewa, bingung, dan langsung terpikir kalau ini adalah bukti kedua Paslon memang tak berniat selesaikan masalah lingkungan di Jawa Tengah," ujarnya.

Ia juga mengkritisi pembahasan dalam debat pertama yang tak substansial.

"Untuk apa warga nyoblos [pada] Pilgub, kalau Kendeng-nya tak bisa diselamatkan. Pilgub kok bahas ras, bahas agama, bahas puisi. Masalah sesungguhnya tak disinggung," lanjutnya.

#Sumber

from Coretan Penaku https://ift.tt/2HLMlqX

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Semen Kendeng di Bahas Pada Debat Ganjar dan Sudirman"

Post a Comment