Ridwan Kamil Luncurkan Kartu Bandung Juara untuk Siswa Miskin

Ridwan Kamil Luncurkan Kartu Bandung Juara untuk Siswa Miskin

http://ift.tt/2smrC5C

Kota Bandung - Siswa kurang mampu di Kota Bandung tidak perlu khawatir lagi kesulitan membeli perlengkapan untuk bersekolah. Sebab, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung telah menyiapkan bantuan berupa perlengkapan sekolah di tahun ini.
Bantuan fasilitas perlengkapan sekolah seperti seragam, tas hingga sepatu ini bisa diakses masyarakat menggunakan Kartu Bandung Juara yang diluncurkan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Senin (24/7/2017).

Ridwan Kamil menjelaskan Kartu Bandung Juara merupakan perlindungan yang diberikan Pemkot Bandung kepada siswa kurang mampu untuk mendapatkan bantuan perlengkapan sekolah. Ini merupakan bentuk keberpihakan pemerintah.

"Jadi hari ini di Kota Bandung anak-anak tidak mampu bajunya, sepatunya, tasnya, alat-alat tulisnya dibiayai oleh Pemerintah Kota Bandung," kata Emil sapaan karib Ridwan Kamil dalam rilis yang diterima detikcom.

Pria yang akrab disapa Emil menuturkan sebanyak 36.580 siswa SD dan 24.702 siswa SMP akan mendapatkan kartu tersebut. Dana yang digelontorkan pemerintah kota untuk Kartu Bandung Juara sebesar Rp 70,68 miliar.

Dia menyebut bantuan didistribusikan pemerintah melalui kerja sama dengan koperasi siswa dan toko perlengkapan sekolah. Siswa yang memiliki Kartu Bandung Juara tinggal menunjukannya untuk mendapatkan perlengkapan sekolah.

"Jadi penyaluran bantuan tidak dalam bentuk uang, melainkan langsung berupa barang. Kita kerjasama dengan koperasi dan toko perlengkapan sekolah, tinggal menunjukan kartu itu saja," ungkap dia.

Selain Kartu Bandung Juara, Pemkot Bandung juga mengeluarkan bantuan bagi siswa Rawan Melanjutkan Pendidikan (RMP) di sekolah swasta dan sekolah di tingkat SMA sederajat. Hal ini sebagai pemerataan bantuan pendidikan di Kota Bandung.

"Walaupun SMA dan SMK-nya sudah dikelola provinsi tapi karena dia warganya warga Kota Bandung maka ditambahi perlindungannya untuk peralatan pendidikan dibiayai oleh Pemerintah Kota Bandung," ucap dia.

Bantuan ini mengcover Bantuan Operasional Pendidikan (BOP), Bantuan Personal, dan Bantuan Investasi. BOP diberikan kepada seluruh siswa di jenjang pendidikan dasar, dan hanya bagi siswa RMP di tingkat SMA sederajat.

http://ift.tt/2uIr7DJ

Sementara itu, Bantuan Personal diberikan kepada siswa seluruh siswa RMP, baik di tingkat pendidikan dasar maupun SMA sederajat. Sedangkan Bantuan Investasi diberikan kepada siswa RMP kelas awal yang direkomendasikan.

"Pemerintah menyiapkan dana Rp 141,78 miliar untuk program bantuan ini," kata Emil.



from Berita Online Terbaru http://ift.tt/2uR6isY

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ridwan Kamil Luncurkan Kartu Bandung Juara untuk Siswa Miskin"

Post a Comment