Nelayan Dilatih Buat Lampu Celup Dalam Air

Penulis : Dimaz Akbar
Selasa 11 Juli 2017



Probolinggo,KraksaanOnline.com – Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan UPT Pelatihan Teknis Pengelolaan Sumber Kelautan dan Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur memberikan pelatihan pembuatan lampu celup dalam air, Senin hingga Kamis (10-13/7/2017).

Kegiatan yang dipusatkan di Balai Desa Curah Dringu Kecamatan Tongas ini diikuti oleh 60 orang masyarakat nelayan kecil yang berdomisili di Kecamatan Sumberasih dan Tongas yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nelayan.

Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi melalui Kepala Bidang Perikanan Tangkap Wahid Noor Azis mengungkapkan pelatihan ini dilakukan dalam rangka pemberdayaan dan peningkatan sumber daya manusia khususnya nelayan dalam hal pembuatan lampu celup dalam air.

"Untuk menggunakan lampu penangkap ikan, selama ini nelayan menaruhnya di atas pelampung. Tujuannya untuk menarik ikan-ikan datang yang bermanfaat sebagai ototaksis positif. Hal ini dirasa kurang efektif karena cahaya lampu menyebar. Beda dengan menggunakan lampu celup dalam air," katanya.

Dalam pelatihan ini jelas Wahid, bahannya adalah lampu seperti biasanya. Supaya bisa kedap air, maka bola lampu ditutup memakai paralon dan toples bening. Sehingga cahaya lampur bisa terang didalam air. "Biasanya ikan-ikan tertarik banyak yang mendekati cahaya, khususnya cumi-cumi dan pelagis," jelasnya. 

Menurut Wahid, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan nelayan. Harapannya masyarakat nelayan memiliki alat tangkap alternatif. (maz)


from Berita Anyaran http://ift.tt/2sJY9Cx

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nelayan Dilatih Buat Lampu Celup Dalam Air"

Post a Comment