Bertemu, Trump Desak Putin Klarifikasi Soal Rusia di Pilpres AS

Bertemu, Trump Desak Putin Klarifikasi Soal Rusia di Pilpres AS
 
http://ift.tt/2smrC5C

Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin telah bertemu untuk pertama kalinya di sela-sela pertemuan puncak G20 di Hamburg, Jerman. Dalam pertemuan itu, Trump langsung mendesak agar Putin memberikan klarifikasi soal dugaan campur tangan Rusia pada Pilpres AS 2016 lalu.
"Presiden Amerika Serikat Donald Trump mendesak Vladimir Putin pada pertemuan pertama mereka pada hari Jumat mengenai campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden 2016," kata Sekretaris Negara AS Rex Tillerson yang ditulis oleh Reuters, Jumat (7/7/2017).

Presiden Rusia sendiri diketahui telah membantah adanya campur tangan Rusia dalam proses demokrasi AS tahun lalu. Bahkan Moskow telah meminta bukti bahwa hal tersebut telah terjadi.

Trump sendiri juga telah berjanji untuk mengadakan pertemuan dengan Moskow dalam kampanyenya untuk masa kepresidenan tahun lalu. Namun dia tidak dapat memenuhi janjinya karena pemerintahannya telah diadili oleh penyelidikan atas tuduhan campur tangan Rusia dalam pemilihan dan hubungan antara kampanyenya dan Moskow. Trump menegaskan timnya tidak berkolusi dengan Rusia.

Berbicara di sela-sela KTT G20 di Hamburg, Tillerson juga mengatakan kedua pemimpin tersebut memiliki pertukaran pikiran yang sangat kuat dan panjang mengenai masalah ini. Trump menekan Putin lebih dari satu kali mengenai keterlibatan Rusia.

http://ift.tt/2smzweX

"Kedua pemimpin sepakat bahwa ini adalah hambatan besar dalam kemampuan kita untuk memindahkan hubungan Rusia-AS ke depan," kata Tillerson kepada wartawan.

Mereka, lanjut Tillerson, juga sepakat untuk menjalankan komitmen tidak campur dalam urusan negara masing-masing. "Dan proses demokrasi kita dan juga di negara lain," katanya.

Pertemuan tatap muka kedua pemimpin negara ini adalah salah satu pertemuan yang paling dinantikan di tahun-tahun sebelumnya.


from Berita Online Terbaru http://ift.tt/2szxvfR

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bertemu, Trump Desak Putin Klarifikasi Soal Rusia di Pilpres AS"

Post a Comment