Bencana Alam Terkait Asteroid Mengintai Bumi ?????


Bencana Alam Terkait Asteroid Mengintai Bumi ????? - Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA membuat pengumuman penting. Sebuah Asteroid 2002 AJ129 dikabarkan akan melintas dekat Bumi, tepat pada Minggu 4 Februari 2018.

Saat berpapasan dengan Bumi, asteroid tersebut hanya berjarak sekitar 4,1 juta kilometer dari Bumi, atau 10 kali antara jarak Bumi dengan Bulan.

AJ129 sudah diteliti selama 14 tahun dan telah diketahui lintasan orbitnya. Akankah asteroid itu menabrak Bumi dan menciptakan bencana besar?

Manajer Pusat Penelitian Obyek Dekat Bumi Laboratorium Jet Propulsi NASA, Paul Chodas menegaskan, kalau AJ129 tidak akan menghantam Bumi, meskipun jarak batu antariksa melintas itu memang dekat dengan Bumi.Agen Bola Terpercaya

Bencana Alam Terkait Asteroid Mengintai Bumi ?????

"Menurut perhitungan kami tidak ada peluang sama sekali Asteroid 2002 AJ129 menabrak Bumi, baik pada tanggal 4 Februari maupun sampai 100 tahun mendatang," ungkapnya, dikutip dari situs Metro, Kamis 25 Januari 2018.

Namun, ada pendapat yang berbeda. Peneliti dari Pusat Penelitian Atmosfer Nasional di Colorado, Amerika Serikat, Charles Bardeen mengatakan, batuan luar angkasa dengan luas lebih dari satu kilometer mampu membuat kebakaran hutan akibat membuang debu dan abu dalam jumlah besar ke udara.

Selain itu, sisa-sisa batu antariksa itu tetap 'menempel' pada atmosfer selama 10 tahun, sehingga akan menghalangi sinar Matahari.

"Skenario terburuk ini bisa membuat suhu di Bumi turun dan kemungkinan besar sektor pertanian akan mengalami gagal panen selama bertahun-tahun," katanya, mengingatkan.

Seorang programer komputer dan astronom, Robert Walker, memprediksi jika asteroid seluas 200 meter menghantam Bumi. Meski begitu, ia mengklaim tidak ada dampak besar pada kelangsungan hidup manusia.Agen Casino Terbaik

Bencana Alam Terkait Asteroid Mengintai Bumi ?????

Namun, jika benda luar angkasa tersebut masuk ke laut, menyebabkan bencana Tsunami dan manusia, serta pemukiman yang dekat dengan laut tersebut akan berimbas.

"Jika menghantam daratan akan membuat lubang (akan 10 kali lebih besar dari diameter asteroid), akan membunuh jutaan orang. Terlebih, kalau mendarat dekat atau di tengah kota," jelas Walker.

Tetapi, jika mendarat di daerah terpencil, efeknya akan sangat minim dan mayoritas area saat ini masih gurun, atau es atau tidak ditinggali oleh manusia.Agen Poker Indonesia Terbesar

"Saya juga melihat asteroid dengan ukuran ini (kalau menghantam Bumi) tidak akan berdampak pada suhu di Bumi, atau mengakibatkan musim dingin, atau pun menghalangi sinar Matahari menyinari Bumi," ujarnya, menerangkan.



from Coretan Penaku http://ift.tt/2DGLr1a

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bencana Alam Terkait Asteroid Mengintai Bumi ?????"

Post a Comment