Proyek Apartemen Meikarta Menaikkan Ekonomi Daerah Cikarang
Proyek Apartemen Meikarta Menaikkan Ekonomi Daerah Cikarang - Pada 2016, orang Indonesia menempati posisi ketiga sebagai ekspatriat atau orang asing terbanyak yang membeli property di Singapura.
Setidaknya, itulah yang diungkapkan Executive Director Property Sales Business Group & Corporate Affairs Far East Organization (FEO) Augustine Tan, salah satu “raja properti” di Negeri Kepala Singa itu, Selasa (26/7/2016) lalu.
"Di antara seluruh pembeli asing, Indonesia menempati posisi ketiga sebanyak 8 persen, di bawah China dan Malaysia," kata Augustine.
Sedangkan, pembeli dari China mencapai 27 persen dan Malaysia sebesar 15 persen. Namun, jika dikategorikan bersama dengan seluruh pembeli, termasuk warga Singapura, maka Indonesia hanya meraih dua persen dari keseluruhan pasar.
Pembeli asal Singapura menjadi yang terbanyak dengan raihan 73 persen, kemudian diikuti China dengan 25 persen, dan Indonesia dua persen. "Dari 100 unit yang ada misalnya, dua di antaranya dibeli orang Indonesia," tambah Tan.
Antara Batam dan Jakarta Agen Bola Terpercaya
Juga yang terpenting, kenapa bukan Jakarta, pusat ibukota yang juga tempatnya mengais rezeki bagi jutaan orang Indonesia? Atau memang sudah tidak ada pilihan sehingga harus menoleh ke Singapura? Agen Casino Terbaik
Meskipun dibangun sebagai kawasan ekonomi khusus untuk menyaingi Singapura, Batam hingga saat ini masih tertinggal jauh dari tetangganya tersebut. Pengelolaan kawasan ekonomi yang tumpang tindih menjadi alasan Batam tetap dan masih akan tertinggal jauh dari Singapura.
Nah, bagaimana dengan Jakarta? Jika mau dibandingkan dengan Jakarta, terutama soal kenyamanan dan keamanan tinggal dan berbisnis, Jakarta makin jauh tertinggal dari Singapura. Sudah banyak survei memaparkan itu.
Baca: Kota Tak Ramah Pejalan Kaki Itu Bernama Jakarta
Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan Stanford University, Indonesia seperti yang dilansir Kompas.com, Senin (21/8/2017).
Dalam hasil penelitian itu disebutkan bahwa Jakarta sendiri merupakan sebuah kawasan urban yang dihuni lebih dari 10 juta jiwa. Padatnya kawasan hunian Jakarta ditambah semrawutnya lalu lintas berdampak pada hubungan sosial dan kesehatan.
Transportasi massal yang dapat diakses dengan mudah dari pemukiman adalah sesuatu yang lumrah di Singapura. Bahkan, semakin banyak infrastruktur transportasi dibangun oleh pemerintah Singapura.Agen Poker Indonesia Terbesar
Bagi sekitar lima juta warga Singapura, transportasi massal terintegrasi pun buka sekedar mimpi. Sudah tentu, kondisi itu menyebabkan sebagian besar warga lebih senang bepergian dengan angkutan massal dibandingkan kendaraan pribadi.
Mengacu data pemerintah Singapura pada 2016, sebanyak 6 dari 10 warga Singapura memilih angkutan massal sebagai moda transportasi favorit. Dengan demikian, kemacetan kota dapat dihindari.
Kota baru Meikarta
Saat ibukota terasa makin sesak dan kemacetan kian sulit terurai, muncul ide membangun kota baru di dekat kawasan industri Cikarang. Meikarta disiapkan menjadi kota mandiri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat urban akan kawasan hunian yang aman dan nyaman.
Kota Cikarang yang terletak di timur Ibu Kota, Jakarta, telah menjadi salah satu pusat industri nasional yang nilai ekspornya mampu bersaing dengan Batam. Bahkan, berpotensi “go internasional” seperti halnya Singapura.
Sekitar tiga ribu pabrik dari berbagai negara ada di kawasan industri Cikarang. Kawasan tersebut mampu menyumbang sebesar 34,46 persen penanaman modal asing (PMA) nasional, serta 22-45 persen volume ekspor nasional pada tahun 2008 dengan omzet mencapai 35 miliar dollar AS dan 70 persen di antaranya untuk pasar ekspor.
Ujung-ujungnya, Cikarang menjadi kawasan potensial hunian bagi para pekerja sekaligus kawasan yang bernilai ekonomis.
Baca: Poros Jakarta-Bandung Bakal Diperkuat Kota Mandiri Meikarta
Pemerintah saat ini tengah membangun enam infrastruktur penting untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di sekitar kawasan itu.
Pertama, Patimban Deep Seaport yang potensial untuk aktivitas ekspor-impor. Kedua, International Airport Kertajati. Keberadaan Kertajati yang bisa disinggahi pesawat berbadan besar. Bandara ini mulai tahun depan bakal melayani penerbangan haji.
Selanjutnya, kereta api cepat Jakarta-Bekasi-Cikarang-Bandung. Moda transportasi ini akan membuat lama perjalanan Jakarta-Bandung hanya sekira 39 menit.
Infrastruktur lainnya, Light Rail Transport (LRT) Cawang-Bekasi Timur-Cikarang dan Automated People Mover (monorel). Terakhir, Jakarta-Cikampek Elevated Highway. Keenam infrastruktur tersebut diperkirakan akan selesai dibangun dua hingga tiga tahun mendatang.
# Sumber
from Coretan Penaku http://ift.tt/2l1JcMS
0 Response to "Proyek Apartemen Meikarta Menaikkan Ekonomi Daerah Cikarang"
Post a Comment