Usulan Kembali ke UU Pemilu Lama, Demokrat: Nanti Jadi Rumit

Usulan Kembali ke UU Pemilu Lama, Demokrat: Nanti Jadi Rumit

http://ift.tt/2smrC5C

Jakarta - Rencana pemerintah untuk kembali menggunakan UU Pemilu lama bila RUU Pemilu tak kunjung menghasilkan jalan tengah mendapat tentangan dari Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Agus Hermanto. Menurut Agus, bila kembali ke UU Pemilu lama, hal tersebut akan lebih rumit.
Menurut Agus, memang ada opsi bagi pemerintah dan DPR untuk kembali menggunakan UU Pemilu lama bila pembahasan RUU Pemilu terus buntu. Namun, dalam UU Pemilu lama belum diatur soal adanya pemilu serentak.

"Kita ketahui UU (pemilu) yang lama itu antara pilpres dan pileg kan berbeda. Apa iya ini antara pilpres dan pileg akan disatukan dan ini memakai satu UU, kan kurang tepat. Itu pertama," ujar Agus di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (11/7/2017).

"Kedua, bisa saja pemerintah mengeluarkan Perppu," lanjutnya.

Terkait Perppu, Agus menjelaskan bila Perppu nantinya juga harus disampaikan dan harus lewat persetujuan DPR juga. Dia menilai hal tersebut akan membuat persoalan pemilu kembali lebih rumit. Karenanya, dia ingin RUU Pemilu yang sedang dibahas tidak sampai buntu pembahasannya.

"Perppu ini toh akhirnya nanti harus disampaikan ke DPR dan diminta persetujuan DPR. Sehingga persoalnya jjuga tentunya nanti jadi rumit lagi. Sehingga paling baik adalah RUU ini jangan sampai deadlock," tuturnya.

Sebelumnya, pemerintah menawarkan tiga opsi apabila tidak juga ada kesepakatan dalam RUU Pemilu, salah satunya kembali ke UU Pemilu yang lama.

"Atau kalau tidak ada kesepakatan dan inginnya musyawarah mufakat, pemerintah punya tiga opsi. Opsi pertama, menerima bersama-sama anggota Pansus DPR musyawarah mufakat," ujar Mendagri Tjahjo Kumolo di gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (10/7).


www.pokerjazz.online

Pemerintah juga menerima opsi putusan pada pengambilan keputusan tingkat I RUU Pemilu.

"Menerima putusan hari Kamis (13/7) karena ada masalah krusial dibawa ke paripurna untuk diambil keputusan, atau pemerintah mengembalikan ada UU lama. Toh, UU lama sama saja nggak ada perubahan," sebutnya.


from Berita Online Terbaru http://ift.tt/2uKVJVV

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Usulan Kembali ke UU Pemilu Lama, Demokrat: Nanti Jadi Rumit"

Post a Comment