Tindak Lanjuti Sensus Ekonomi 2016 , BPS Lakukan Pendataan UMK dan UMB

Reporter : Yono
Selasa 11 Juli 2017



Probolinggo,KraksaanOnline.com– Sebagai salah satu upaya mendukung pembangunan perekonomian di Kabupaten Probolinggo, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Probolinggo melaksanakan Sosialisasi Pendataan Usaha Mikro Kecil (UMK) dan Usaha Menengah Besar (UMB), Selasa (11/7/2017) bertempat di Pendopo Kabupaten Probolinggo.
Sosialisasi ini merupakan lanjutan Sensus Ekonomi 2016 yang lebih dikhususkan pada Pendataan Usaha Mikro Kecil (UMK) dan Usaha Menengah Besar (UMB).
Sosialisasi ini dihadiri langsung dan dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Probolinggo Drs. H.A. Timbul Prihanjoko di dampingi oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Probolinggo Jujuk Widilaksana. Hadir pula Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Probolinggo H. Tutug Edi Utomo yang sekaligus bertindak sebagai narasumber.
Sosialisasi diikuti pejabat SOPD terkait dan seluruh Camat se Kabupaten Probolinggo serta para pemilik UMK dan UMB se Kabupaten Probolinggo.


Wabup Timbul Prihanjoko pada sambutannya menjelaskan bahwa Sensus Ekonomi yang dilaksanakan 10 tahun sekali sangatlah penting untuk memberikan gambaran yang aktual mengenai kondisi perekonomian.
Sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang sama pada SOPD terkait. "Oleh karenanya perlu dukungan semua pihak dalam pelaksanaannya sehingga dan dihasilkan data perekonomian yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan," harap Wabup Timbul.
Kepala BPS Jujuk Widilaksana menerangkan bahwa tujuan sosialisasi ini adalah mengumpulkan dan menyajikan data dasar seluruh kegiatan ekonomi kecuali sektor pertanian, mulai skala mikro, kecil dan menengah hingga pada skala besar.
Kepala Diskominfo Tutug Edi Utomo dalam paparannya menjaskan bahwa kegiatan Sosialisasi ini sesuai dengan RPJMD Kabupaten Probolinggo 2013 – 2018 dengan sasaran meningkatnya perekonomian daerah yang berbasis kerakyatan.
Lebih lanjut Tutug menjelaskan dalam paparannya bahwa pencacahan dilakukan untuk memperoleh informasi yang lebih rinci mengenai struktur ketenagakerjaan, permodalan, biaya dan produksi prospek usaha dan lainnya. Masing masing pemangku kepentingan berpeluang memberikan dukungan dan memanfaatkan hasil SE 2016. (y0n)


from Berita Anyaran http://ift.tt/2t0aVkD

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tindak Lanjuti Sensus Ekonomi 2016 , BPS Lakukan Pendataan UMK dan UMB"

Post a Comment