Bukan Nasi, Ternyata Ini Makanan Pokok Orang Indonesia Sejak Dulu

  Yes  Muslim  -  Selama ini masyarakat Indonesia menganggap nasi sebagai makanan pokok atau makanan utama. Nasi selalu disiapkan dalam sajian di rumah-rumah orang Indonesia. Tapi tahukah Anda, sebenarnya beras atau nasi bukanlah makanan pokok orang Indonesia.





Sejarah mencatat pada zaman dulu masyarakat di kawasan Nusantara memenuhi kebutuhan pangannya dengan cara berburu, sementara bercocok tanam kala itu belum familiar. Ketika bangsa Austronesia bermigrasi ke wilayah Nusantara, barulah masyarakat mulai mengenal keterampilan bercocok tanam.

Strategi pengembangan perkebunan dan perladangan menjadi tulang punggung strategi ketahanan pangan berbagai kerajaan di Nusantara terutama di kerajaan besar seperti Majapahit dan Sriwijaya. Sehingga muncullah pertanian basah seperti sawah dan ladang.

Lalu apa makanan pokok masyarakat Indonesia? Ya, bukan nasi melainkan sagu. Hal itu terpahat jelas di salah satu relief Candi Borobudur, barulah ketika Hindu masuk ke Indonesia masyarakat memakan beras.

Indonesia memiliki 1,4 juta hektar (ha) lahan sagu yang tersebar di hutan tropis Sumatera, Kalimantan, Maluku hingga Papua. Namun, Papua dan Papua Barat menyimpan cadangan 1,2 juta ha.

Namun sayangnya seiring berkembangnya zaman dan budaya barat mulai masuk ke Indonesia, makanan yang dikonsumsi masyarakat pun mulai berubah. Orang-orang tak lagi menjadikan nasi sebagai pilihan apalagi sagu. Mereka lebih memilih roti atau kentang. (dwq)




Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Yes Muslim - Portal Muslim Terupdate !





from BERITA KABAR INDONESIA http://ift.tt/2sSTKwq

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bukan Nasi, Ternyata Ini Makanan Pokok Orang Indonesia Sejak Dulu"

Post a Comment